Udah Bikin Paspor Belum ?

12.00

Siapa yang gak punya impian jalan-jalan ke luar negeri ?

Impian yang sebenernya udah terpendam lama itu akhirnya terkabul di awal tahun 2014.

Ini baru permulaan yang menambah motivasi untuk bisa mengepakan sayap lebih jauh lagi, melihat dunia hehehe.

Yihaaa...Akhirnya punya paspor juga. mau jalan-jalan ke negeri orang jangan bawa KTP aja, tapi siapin dari sekarang kartu identitas dunia "Paspor".


yup kesempatan bisa datang kapan aja, mungkin setelah kamu baca tulisan ini.

Di tahun 2013 aku dan seorang kawan berencana membuat paspor. sebenarnya sih tujuan pertama bikin paspor karena ikut salah satu seleksi beasiswake Thailand, meskipun pada akhirya belum bisa didapat kesempatan tersebut.

Lalu bagaimana kita bisa membuat paspor? dan berapa biayanya?

Ada dua cara jika kamu ingin membuat paspor :
Pertama, kamu datang ke kantor imigrasi langsung dan bisa mendapatkan informasi langsung di sana seputar pembuatan paspor.

Tapi biasanya ini akan memakan waktu lama. bisa satu minggu lebih dengan beberapa proses yang bakal dijalani. nah, mau gak bikin paspor dan cuman empat hari langsung udah dapet paspor?

kamu bisa daftar dengan cara online di  Imigrasi.go.id dan cara ini lebih cepat di bandingkan kita datang langsung ke kantor imigrasinya.

melalui online sudah dapat petunjuk bagaimana cara mendaftarkannya. termasuk di dalamnya kamu hanya memasukan beberapa dokumen yang sudah di scan sebelumnya.

setelah kamu mengikuti petunjuk pendaftaran dan mengunduh semua dokumen yang di perlukan kamu akan mendapat email konfirmasi yang di dalamnya tercantum nomor registrasi dan jadwal wawancara.

Jangan samapi lupa email konfirmasi tersebut kamu print dan bawa sesuai jadwal yang tercantum.

Juga jangan lupa bawa fotocopy dokumen-dokumen yang kamu unduh sebelumnya, satukan dalam map dengan warna yang sesuai dengan petunjuk.

Ngomongin tentang biaya adminsitrasi, kamu cukup siapkan uang Rp.255.000. murahlah ya untuk jadi salah satu bekal keliling dunia selama lima tahun.

Selamat mencoba, The World is Waiting For You :)

You Might Also Like

2 komentar

  1. Coba atuh kang dirinci biayanya biar ada bayangan~

    BalasHapus
  2. Makasih masukannya, biaya tulisannya udah saya tambahin dengan info biaya administrasi pembuatan passpotnya :)

    BalasHapus

Popular Posts