"Dah Singapure, Hi Malaysia :)"

05.43

Lokasi Sehelter Bus, Ke Terminal Larkin, Johor Bahru, Malaysia
Malem minggu daripada gak da kerjaan gak jelas, sebagai single pilihan aku nyoba lanjutin kisah perjalnanku yang lama tertimbun alibi kesibukan dan penyedap rasa malas hingga tak kunjung selesai. yihaaa hahaha.

Setelah menyapa negeri singa laut, Singapore dengan segala kesannya. dengan segala pembelajaran yang di dapat dan warna warni memori singkat namun melekat (maaf agak melow maklum malam minggu hahaha), aku pun melanjutkan perjalanan ke destinasi negara selanjutnya, yaitu ke negeri jiran, Malaysia.

Untuk menuju Malaysia dari Singapore kita bisa menempuhnya via jalan darat, menggunakan transportasi bus. Aku luapa nama tempatnya, namun dari singapur aku melanjutkan perjalanan dengan tujuan menuju Terminal Larkin, Johor Bahru, Malaysia, menggunakan bus SBS 170.  Atau kita bisa menanyakan pada petugas di sekitar kita.

(Saran saja, jika kita mau bertanya tentang jalan atau apapun di luar negeri, cobalah untu mencari orang yang berpakaian seperti petugas keamanan, atau petugas lainnya. Hal ini dapat membantu setidaknya kita terhindar dari hal yang tidak di inginkan)

Tarifnya cukup murah, hanya 3 SGD saja atau sekitar Rp. 30.000. Bagi yang pertama kali melakukan perjalnan ini jika bisa sediakan uang pas atau uang receh khusus untuk naik transportasi saja.

Karena seperti dari Singapur ke Malaysia ini kita membayar ongkos bus tidak pada kondektur seperti yang sering kita lakukan di Indonesia. Kita membayarnya dengan cara memasukannya pada sebuah kotak di samping sopir, seperti kotak amal namun itu sebenarnya kotak untuk membayar ongkos bus, kemudian kita akan mendapatkan struk tiket dari sopir.

Kondisi di Dalam Bus Menuju Larkin
perjalanan menuju Terminal Larkin, Johor Bahru, Malaysia ini tidak terlalu jauh. sekitar satu jam aku sudah sampai di lokasi. Namun ada yang perlu di perhatikan, ketika kita mendapatkan tiket pertama kali.

Simpan tiket atau struk bus nya baik-baik. karena nanti kita akan berpindah bus ketika di perbatasan, kita juga akan melewati petugas imigrasi jadi jangan lupa persiapkan pass port kita.

setelah kita melewati imigrasi di perbatasan, kita akan naik bus kembali (Aku lupa bus nya berbeda atau masih yang sama), yang jelas jangan malu bertanya kalau kita merasa bingung. Fungsi struk atau tiket bus yang pertama yaitu untuk masuk lagi kedalam bus, dan kita tidak akan di kenakan lagi biaya.

Sekitar pukul lima sore, saya akhirnya sampai di Terminal Larkin, ketika kita sampai kita akan banyak menemukan loket tiket bus ke berabagai destinasi atau tujuan lainnya. hati-hati dengan calo, ya meskipun tidak se"crowded" di Indonesia, namun kita harus tetap berhati hati.

Jangan terlihat bingung, santai saja seperti layaknya turis atau warga setempat, toh kita mukanya gak jauh beda sama wajah orang Malaysia hehehe. Disana carilah bus yang menuju ke Terminal Melaka Sentral. karena memang tujuan pertamaku menuju Bukit Beruang, dan salah satunya harus turun di Terminal Melaka Sentral.

Kenapa aku ke Bukit Beruang dulu? nanti aku ceritakan hehehe.

Sebenarnya jika aku sampai di Larkin pukul empat sore, aku bisa membeli tiket untuk naik bus KKL Express (Bus yang aku temukan melalui internet saat di Indonesia). Namun karena itu sudah pukul lima lewat, aku pun berkeliling mencari loket bus lain.

Akhirnya aku menemukan bus yang berangkat sekitar pukul setengah enam sore. rata rata untuk tarif dari Larkin ke Melaka Sentral itu 21 RM atau berkisar Rp. 80.000. karena memang jaraknya cukup jauh, seingatku sampai di Melaka Sentral itu pukul 10.00 malam, waktu Malaysia.

Dari mulai bus berangkat  dari singapore, aku sudah kontaka dengan salah satu rekan bule yang akan memberikan tempat menginap di Bukit Beruang, kebetulan dia juga akan menjemputku setibanya aku di Terminal Melaka Sentral.

Tulisan ini hanya berbagi bagai mana caranya menuju Malaysia melalui Larkin dan Sentral melaka. Bagaimana aku mendapatkan kawan disana? siapa bule yang menawarkan tempat menginap untuku? dan bagaimana ceritanya? nanti akan aku tulis di cerita selanjutnya ya kawan :)


To Be Continue.... :)


You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts