Itinerary Bandung-Singapore

09.21

Bandara Husein Bandung
Menuju Bandara Husein Sastranegara Bandung Dari Cibiru (kosan) :
  • Naik dua kali angkot, pertama naik angkot Cileunyi-Cicaheum, turun di terminal Ci Caheum dengan tarif Rp. 5.000
  •  Kedua naik angkot Cicaheum-Ciroyom, turun di sekitar Bandara, bisa tanyakan ke sopir dengan tarif Rp. 5.000
  • saya berangkat sekitar pukul 23.00 nyampe sekitar pukul 24.00 karena muter muter dulu
  • Waktu itu  saya di antar teman menggunakan motor, jadi gratis = Rp.0

Di Bandara
  • Waktu itu saya putuskan menginap di bandara karena keberangkatan pesawatsekitar pukul 7 pagi
  •  Di Bandara Husein kita akan menunggu di kursi yang berjejer di depan loket Chek In tiap maskapai, jika kamu memutuskan menginap disarankan menggunakan jaket tebal, sarung tangan, dan kaos kaki
  • Saya sarankan perempuan jangan menginap kalau sendirian, kalau banyakan bisa gantian tidurnya
  • Saat itu saya makan roti dan coklat bekal saat lapar di malam hari di bandara
  • pastikan setiap barang bawaan kita tidak jauh dari pengawasan kita
  • Lakukan Chek In Sedini mungkin, minimal 1 jam sebelum pemberangkatan
  • Setelah mendapatkan Boarding pass termasuk nomor kursi duduk, segeralah masuk ke Bandara
  • Lakukan pembayaran Tax/pajak Bandara, penerbangan domestik Rp.30.000 dan penerbangan internasional Rp.70.000. letaknya di sebelah kiri pintu masuk.
  • Setelah itu menuju ruang tunggu untuk penerbangan internasional, namun kita harus melewati petugas imigrasi untuk di Cap passport kita. letaknya ada di lantai 1, sebelah kanan dari pintu masuk.
  • Duduklah dengan santai di ruang tunggu untuk siap penerbangan.
  • Saat itu saya menggunakan Pesawat QZ 8365
  •  pengeluaran di bandara = Rp. 0
 Di pesawat
  •  Jangan lupa membawa alat tulis
  • di pesawat menuju singapore kita akan di minta untuk mengisi lembaran identitas dan alamat tinggal selama kita di Singapur
  • jika tidak menginap, cari saja alamat hotel di singapur selagi di indonesia untuk persiapan di isikan di lembaran tersebut, intinya jangan ada yang di kosongkan
  • baca dengan teliti lembaran tersebut, jika tidak mengerti kamu bisa bertanya pada penumpang sebelah atau pada pramugari

Di Bandara Changi Singapura
  •  Sesuaikan jam yang kita gunakan, singapur lebih cepat satu jam
  • Saat itu saya berangkat pukul 07.10 WIB dan tiba pukul 09.00 WIB, saya ubah waktu jam tangan saya menjadi pukul 10.00 WIB
  • pastikan barang bawaan kita sudah lengkap dan segeralah melakukan boarding pass di Changi Airport dengan melewati petugas imigrasi, jangan lupa serahkan passport, nomor duduk, dan kertas yang di isi di pesawat
  • Jika bingung ikuti saja tanda "Arrival" atau ikuti kemana orang bergerak karena pasti setiap yang turun dari pesawat akan melakukan boarding pass
  • Siapkan Singapur Dolar berbentuk koin untuk membeli Tiket MRT
  • Jika tidak punya koin di bandara ada tempat penukarannya, tanyakan saja pada petugas di sekitar bandara
  • kamu bisa ambil map di bandara sebagai petunjuk
Di Singapura

•  Changi Airport--City Hall Station--Exit dan menuju--Explanade Theater via City Link Mall (Kita bisa ke Merlion, Esplanade theter, Marina Bay sand, dll)
  • di singapore saya lupa detailnya bagaimana soalnya kan nemu guide dadakan jadi deh gak liat itinerary hehehe
  • yang jelas saya di singapore hanya mengeluaran biaya 14 SGD (Sekitar =140.000), termasuk membeli  tiket  ke destinasi selanjutnya yaitu ke Terminal Larkin (Johor Bahru-Malaysia)

To Be Continue ya kawan...