Jakarta-Makasar Bersama 593

09.07

Bayang-bayang berkunjung ke Makassar dan berlayar menggunakan kapal perang milik TNI AL bahkan tidak ada di pikiran sebelumnya

.30 Mei kemarin, perjalanan dari Bandung ke KOLINLAMIL Tanjung Priuk, Jakarta seakan menjadi sebuah catatan perjalanan singkat yang masih tak bisa di percaya.

Bukan karena itu pertama kalinya Aku ke Jakarta, bukan. Tapi itu akan mengawali pelayaran pertama kalinya bagiku selama kurang lebih sebulan di bulan Mei 2015 ini.

Ya, Tuhan memang punya kado di bulan Mei ini, kado yang Ia bagikan secara cuma-cuma ke setiap orang yang Ia kehendaki, termasuk Aku.
Ekspedisi Nusantara Jaya 2015 yang merupakan salah satu program Kemenko Bidang Kemaritiman.

Tujuannya untuk membantu mengirimkan bahan-bahan pokok di beberapa daerah, termasuk pulau-pulau di Indonesia bagian timur.

Dengan menggunakan kapal KRI Banda Aceh 593 ekspedisi jalur laut ini akan berlayar dari Jakarta-Makassar-Sorong-Saumlaki-Kupang dan kembali ke Jakarta. 

Anggap sajalah rute ini akan menjelajahi Indonesia bagian timur, kado yang keren bukan?:) 

ENJ 2015 merupakan kegiatan perdana, Aku ikut seleksi dengan mengirimkan biodata dan beberapa lembar esay tentang kemaritiman. Sebuah pengalaman baru, bagi ku yang awam tentang dunia kemaritiman, laut dan sebuah pelayaran. 

1 Juni 2015, Ekspedisi pun dimulai. Perjalanan Jakarta-Makasar kurang lebih menghabiskan waktu 4 hari di tengah-tengah samudera. 

Membosankan? Tentu saja! TIDAK! hehehe. Bisa bertemu dengan teman-teman baru dari berbagai kalangan, dari berbagai daerah di Indonesia menjadi suatu atmosfer kebahagiaan tersendiri. 

Beberapa kegiatan bahkan sesuatu yang baru yang membuat inti semangat belajar bangkit dan bangkit setiap harinya. 

Jagan ditanya lagi jika senja tiba, solat di dek kapal, kadang laut seperti di cat biru seutuhnya, yang semakin menambah kadar kebahagiaan dan rasa syukur pada Tuhan. 


Anggap saja ini sebagai pengantar, pengantar sebuah perjalanan berharga bersama KRI 593 dan segenap isinya, segenap tujuan mulianya, segenap semangatnya. 

You Might Also Like

1 komentar

Popular Posts