Harta Karun Pulau Kodingareng

11.13




Pesisir Kodingareng (SH)
Siang itu Peserta Ekspedisi Nusantara Jaya berkumpul di dermaga kecil dekat kawasan Losari.

Di sana berjejer perahu-perahu kecil sebagai transportasi umum yang menghubungkan Kota Makassar dengan pulau-pulau, salah satunya Pulau Kodingareng.

Suasana di Salah Satu Dermaga Penumpang di Kota Makassar(SH)
Beruntunglah Kami, karena Panitia menyediakan satu kapal secara geratis untuk menuju pulau hehehe.

Agenda utama berkunjung ke Pulau Kodingareng adalah penyaluran bantuan pokok, pemasangan solar system, dan penukaran uang dari Bank Indonesia.


Butuh waktu sekitar satu jam dari pusat Kota Makassar ke Pulau Kodingareng, tapi beruntunglah cuaca hari itu cerah hingga perjalanan berjalan tanpa hambatan.

Suasana di Dalam Perahu (SH)
Karena cukup lama kami berlayar, banyak diantara kami yang menghabisan waktu dengan tidur selama perjalanan. 

Tapi ada juga sih yang asik berfoto, ngobrol dan bercanda hehehe.

Aku ribadi sih lebih menikmati hati, karena sedikit mual makanya menengkan hati hahaha.

Namun semuanya terbayar kontan ketika kapal berlabuh di dermaga Pulau Kodingareng, ratusan penduduk pulau dari anak kecil hingga orang dewasa berkumpul menyambut kedatangan Kami. 

 Pelajar Menyambut Kedatangan Kami (SH)
Beberapa petinggi di pulau tersebut berjajar dan memberikan salam, belum lagi para pelajar yang menggunakan seragam pramuka di kanan-kiri jembatan yang bersorak sorai, tak hanya itu kami pun disambut dengan musik khas Pulau Kodingareng.

Ah, benar-benar bahagia rasanya Aku bisa berkunjung ke sana. Padahal itu kami baru tiba, tapi peyambutan yang mereka berikan luar biasa.

Ternyata tak cukup sampai di sana, kami semua diarahkan menuju sebuah pendopo, letaknya masih disekitar pemukiman warga,
Berfoto Bersama Para Penari (SH)   dipinggir pantai.

Disana kami dihidangkan tarian khas Makassar, Toraja, dan Bugis. Indonesia menakjubkan, ini baru di satu pulau di Makassar padahal.

Pemuda Kodingareng, Harta Karun Yang Sesungguhnya

Disela-sela penyambutan, kami tergugah dengan penampilan salah seorang pemuda perwakilan karang taruna setempat. 

Ia mengatakan rasa bahagianya bisa bertemu dengan peserta Ekspedisi Nusantara Jaya yang notabene berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Saat itu kawanku seorang blogger Indoneisa, Astari Ratnadya mewawancarai ketua karang taruna Pulau Kodingareng disela-sela jamuan makan siang. Aku yang kebetulan juga ada di sana merapat untuk sekedar mendengar ceritanya.

Pemuda-pemuda yang tergabung dalam karang taruna Sisaribattang atau yang berarti persaudaraan ini ternyata memiliki kegiatan yang luar biasa. Mereka mendorong anak-anak Pulau kodingareng untuk meningkatkan motivasi belajar.

Irwan sebagai ketua karang taruna bersama rekan-rekannya membantu memberikan pengetahuan kepada anak-anak dan penduduk setempat tentang pentingnya pendidikan, mereka tak tanggung menyiapkan dan mengantarkan siswa yang lulus SMA di pulau tersebut untuk daftar kuliah ke perguruan tinggi-perguruan tinggi yang ada di pusat Kota Makassar secara sukarela.

AKu, Irwan, Astari, dan Kedua Rekan Irwan (SH)
Irwan sendiri adalah mahasiswa di salah satu universitas swasta di Kota Makassar, ia rela bolak-balok ke Pulau Kodingareng demi mendorong pelajar dan masyarakat untuk peduli terhadap pendidikan.

Bagi Irwan dan rekan-rekannya, tak apa lahir dan tinggal di pulau, tapi mereka mampu bersaing dengan anak-anak lainnya dan layak menjadi asset bangsa yang harus diperhitungkan.

Di Pulau Kodingareng sendiri terdapat SD, pada tahun 2006 sebuah SMP dibangun disana, dan pada tahun 2009 mulailah ada sekolah SMA.

Kerja keras Irwan dan rekan-rekannya membuahkan hasil, karang taruna yang berdiri sejak tahun 2000 ini mampu membuktikan kepeduliannya terhadap generasi muda di Pulau Kodingareng, beberapa diantaranya banyak anak-anak setempat yang melanjutkan ke beberapa universitas swasta di Kota Mkassar, tak tanggung bahkan ada juga yang melanjutkan kuliah di Universitas Negeri Makassar atau UNM.

Teman, bagaimana mereka tidak luar biasa?

Hari itu Aku benar-benar mendapatkan harta karun yang berharga di Kodingareng, sebuah motivasi dari sebuah pulau yang entah kapan Aku bisa mengunjunginya kembali. Oleh-oleh berharga yang melekat dan menjadi pendorong untuk peduli, untuk bangkit, untuk bergerak demi orang-orang disekitar kita tanpa pamrih.

Keindahan Pantai Kodingareng
Salah Satu Pemandangan Pesisir Pulau (SH)

Kodingareng juga merupakan pulau yang indah, pemandangan pantai dengan pasir putih memanjakan mata. Kami di ajak berkeliling melihat sudut-sudut keindahan pulau kodingareng. Ah, kodingareng indahnya tak habis-habis.

Masyarakat pulau yang mayoritas muslim ini sebgaian besar berprofesi sebagai nelayan, Kami pun melihat pembuatan perahu yang dilakukan oleh masyarakat setempat, sebelum akhirnya kami meninggalkan pulau kodingareng.
Lokasi Pembuatan Perahu (SH)

You Might Also Like

3 komentar

  1. Balasan
    1. Assalamualaikum.wr.wb. perkenalkan nama saya Ibu Anita Tki Malaysia, saat menulis ini saya teringat memory masa lalu.saya sangat tergugah hati melihat coretan hati yang Ibu tulis. saya jadi teringat tentang masa-masa sulit dulu,karena iktiar dan usaha , seolah2 menjadi dendam bukan lagi motivasi, cuma satu tujuan saya pada saat bagaiman caranya untuk bangkit..singkat kata berbagai macam iktiar dan cara yang saya lalui, mengingat pada saat itu hutang saya 1,2m yang tidak sedikit, belum lagi bunga renternir yang bertambah. karena usaha, kesungguhan hati, akhirnya menemukan jalan /solusi . saya percaya ALLAH ITU TIDAK DIAM MAHA PENYAYANG , cobaan itu bukan lah ujian tapi hadiah yang tersilmut untuk kebahagiaan yang sebenar2nya. Sudah banyak para normal yg kami mintai angka togel dan uang gaib cuma Ki Witjaksno yg berhasil alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus. jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi Ki Witjaksno:0852_2223_1459. ingat kesempatan tidak akan datang untuk yang kedua kalinya KLIK->BOCORAN TOTO GAIB

      Hapus

Popular Posts