5 Alasan Kenapa Kamu Harus ke Curug Layung

03.45



Wah udah musim liburan nih. Tidak terasa tinggal menghitung hari Kita sudah disambut tahun baru, 2016. Akhir tahun yang juga momen liburan di sana-sini dimanfaatkan banyak orang untuk berekreasi bersama keluarga, pacar (eh), atau teman-teman.

Berbagai destinasi wisata pun jadi incaran "wisatawan tahunan" ini. Beberapa waktu yang lalu Saya mengikuti salah satu kegiatan Earth Hour Bandung jalan-jalan ke Kawasan Curug Layung.

Bayangan curug atau dalam bahasa Indonesia "Air Terjun" sudah ada dikepala saya ketika perjalanan, namun ternyata Curug Layung ini tidak seperti air terjun pada umumnya dan bisa dikatakan tidak memiliki objek air terjun.

Tapi tenang saja, meskipun ekspektasi tentang air terjunnya gagal Saya mendapatkan sesuatu yang lebih ketika datang ke sana. Untuk menuju kawasan yang disebut "Curug Layung" Kita akan melewati hamparan hutan pinus yang lebat dan menjulang tinggi.

Yap sudah pasti udara di sana sangat sejuk dan menenangkan. Dipinggir hutan pinus pun terbentang pemandangan perkebunan teh yang tak kalah hijaunya. Gak jauh beda suasananya seperti di film Twilight :p

Setidaknya ada 5 alasan yang bikin kamu mau datang ke sana :

1. Jaraknya Tidak Terlalu Jauh

Kawasan Curug Layung ini lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat Kota, yaitu di Cisarua-Lembang. Curug ini merupakan salah satu dari sekian banyak Curug di Aliran sungai Cimahi. Terletak di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat.
Patokan dari objek wisata "Dusun Bambu" lurus saja
/dok.probadi


Kalo ini pemandangan selama menuju lokasi :D
/dok.pribadi
Curug ini sempat tertutup untuk umum ketika dulu wilayahnya termasuk ke dalam area latihan Kopassus di kaki Gunung Burangrang. Namun sejak tahun 2012 tempat ini mulai dibuka lagi sebagai objek wisata.

Sementara, untuk dapat menikmati kesegaran Curug ini, pengunjung harus berjalan sekitar 500 meter dari pos penjualan tiket masuk. Ini cocok banget buat Kamu yang suka hiking.

2. Bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua/roda empat

Untuk menuju Kawasan Curug Layung memang tidak ada transportasi umum. Transportasi umum seperti angkot hanya bisa diakses sampai terminal ledeng (dekat kampus UPI). Jika dari arah alun-alun atau Kalapa Kita bisa naik angkot jurusan Kalapa-Ledeng, atau jika dari arah terminal Cicaheum bisa menggunakan angkot Caheum-Ledeng. Dengan tarif berkisar Rp.5000 - Rp.8000.

Setelah turun di terminal Ledeng, alternatif bisa menggunakan jasa ojek dengan tarif Rp.15.000-Rp.20.000. Kecuali bagi Kamu yang menggunakan kendaraan pribadi bisa langsung menuju lokasi kurang lebih 25 menit dari terminal Ledeng.

3. Biaya Murah

Untuk masuk ke kawasan Curug Layung hanya dibutuhkan biaya Rp.6000,- per orang. Selain itu juga terdapat area parkir yang luas dan aman dari penjagaan. Jika berencana untuk kemping, tidak usah khawatir Kamu hanya akan dikenakan tarif Rp,10.000 per orang per malam.
Pintu masuk ke Kawasan Curug Layung
/dok.pribadi
Bapak penjaga tiketnya baik kok, ngobrol aja biar dapet diskon seperti Kita :D
/dok.pribadi
4. Terdapat sekitar 23 Lapak Untuk Kemping

Untuk memfasilitasi pengunjung yang ingin kemping ceria, pihak pengelola menyediakan kawasan-kawasan tertentu yang dapat dijadikan kawasan kemping atau yang dapat dipasang tenda. Sedikitnya ada 23 lapak yang dapat dipakai dan terletak diantara rindangnya pepohonan pinus.
Hiking yok :D
/dok.pribadi
Pemandangan dari Kawasan Curug Layung
/dok.pribadi

Banyak lapak buat kemping
/dok.pribadi
5. Hutan Pinus Yang Rindang & Curug Layung Yang Jernih

Seperti yang tadi dijelaskan, Kawasan curug layung memiliki area hutan pinus yang cukup luas dan rindang. Udaranya pun cocok untuk membersihkan paru-paru yang kotor dari asap karbon perkotaan hahaha.
Sejuk :)

Meskipun curug ini hanya memiliki ketinggian 4 meter, namun aliran airnya sangat jernih. Cocok buat Kamu yang tinggal dikawasan perkotaan untuk sejenak santai melihat dan merasakan aliran air Curug Layung.

MAen Air
/dok.pribadi

Menenangkan :D
/dok.pribadi
Jadi, gak ada salahnya kan kalau sekali-kali Kita jalan-jalan ke alam? :D
Dan mungkin destinasi Kawasan Curug Layung ini bisa jadi salah satu tujuan Kamu dan Keluarga untuk mengisi waktu liburan.

Jangan lupa, untuk selalu menjaga kelestarian kawasannya ya. Pastikan untuk tidak membuang sampah sembarangan, apapun bentuknya. Lebih baik bawa bekal dari rumah, selain tidak akan menambah produksi sampah juga menghemat biaya selama rekreasi.

Selamat Liburan :D



You Might Also Like

2 komentar

  1. Dari gerbang ke curug nya berapa lama ya jalan kaki?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum.wr.wb. perkenalkan nama saya Ibu Anita Tki Malaysia, saat menulis ini saya teringat memory masa lalu.saya sangat tergugah hati melihat coretan hati yang Ibu tulis. saya jadi teringat tentang masa-masa sulit dulu,karena iktiar dan usaha , seolah2 menjadi dendam bukan lagi motivasi, cuma satu tujuan saya pada saat bagaiman caranya untuk bangkit..singkat kata berbagai macam iktiar dan cara yang saya lalui, mengingat pada saat itu hutang saya 1,2m yang tidak sedikit, belum lagi bunga renternir yang bertambah. karena usaha, kesungguhan hati, akhirnya menemukan jalan /solusi . saya percaya ALLAH ITU TIDAK DIAM MAHA PENYAYANG , cobaan itu bukan lah ujian tapi hadiah yang tersilmut untuk kebahagiaan yang sebenar2nya. Sudah banyak para normal yg kami mintai angka togel dan uang gaib cuma Ki Witjaksno yg berhasil alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus. jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi Ki Witjaksno:0852_2223_1459. ingat kesempatan tidak akan datang untuk yang kedua kalinya KLIK->BOCORAN TOTO GAIB

      Hapus

Popular Posts