Asiknya Hiking ke Jayagiri

02.47


Track menuju Camping Ground Jayagiri ©Kieran Squire

Liburan panjang akhir pekan kemarin kamu kemana nih?...
Mungkin 5-8 Mei kemarin jadi kado awal bulan untuk kita semua, gak terkecuali saya yang juga bisa mudik ceria dan bertemu keluarga.

Berbagai tempat wisata sepertinya kedatangan pengunjung yang lebih banyak dari biasanya, beberapa kota besar bahkan padat dan macet akibat banyaknya pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadinya, tak terkecuali Bandung!.

Salah satu tempat yang saya kunjungi sebelum mudik adalah Wana Wisata Lintas Hutan Indah Jayagiri. Cocok banget deh dikunjungi apalagi untuk menghilangkan penat saat kawasan perkotaan padat.

Pergi Sepagi Mungkin!

Tim Hiking hari itu ©Dicky Ahmad

Jika akhir pekan atau musim liburan, usahakan untuk pergi sepagi mungkin menuju lokasi ini. Karena untuk dapat tiba di sini, kita harus melewati beberapa ruas jalan yang rawan macet jika musim liburan. Gak nangung-nanggung serius macetnya!

Misalkan, arah dari Terminal Ledeng ke Lembang. Arah ini dijamin macet jika di akhir pekan, beberapa lokasi wisata seperti Farm House Lembang mejadi tujuan utama wisatawan. Terbukti pagi itu sudah banyak mobil berjejer ngantri masuk padahal Farm Housenya belum dibuka.


Mudah Dijangkau Transportasi Umum

Bagi pecinta transportasi umum (gak punya kendaraan pribadi) gak usah khawatir. Pintu masuk kawasan wisata Jayagiri ini mudah dijangkau hanya dengan menggunakan angkutan umum atau angkot.

Dari Terminal Ledeng, kita bisa naik angkot warna coklat menuju lembang dengan tarif hanya Rp.5000,-. Bilang aja nanti turun di pintu masuk ke Jayagiri. Namun dari turun angkot ke pintu utama Jayagiri berjarak kurang lebih 2-3 km dan bisa ditempuh dengan jalan kaki atau ojek yang ada. Kalau gak mau ribet, minta saja sopir angkotnya nganterin langsung dengan biaya tambahan.

Biaya Masuk Murah

Ini yang paling asik, jalan-jalan atau refresing gak harus mahal. Cukup Rp.7.500,- kita bisa masuk ke Kawasan Hutan Jayagiri dan Hiking. Kecuali buat kamu yang mau kemping harus mengocek uang sebesar Rp.10.000 per orangnya, tetep murah kan :D.

©Kieran Squire

Keputusan untuk Hiking hari itu diambil karena ceritanya lagi pada sibuk (padahal sok sibuk :p). Tim dibagi menjadi dua, rombongan dengan kendaraan bermotor dan satu lagi rombongan yang gak kebagian tebengan motor hahaha.

Kami sebagai tim angkot janjian pukul 6 pagi sudah berkumpul di Terminal Ledeng, dua orang diantara kami berhasil kumpul tepat waktu. Sisanya? yap telat, termasuk saya karena semalaman suntuk maen ware woof hehehe.

Sekitar pukul 7 pagi kami berangkat, tentunya setelah sarapan bubur ayam, roti, dan segelas coklat panas di minimarket. Jalanan sudah mulai penuh, namun rupanya tidak terjadi kemacetan yang berarti, seperti hubungan kita.

Sementara itu tim kendaraan bermotor sudah menunggu di pintu utama Jayagiri, sambil santai di warung dan menikmati gorengan, kopi, serta matahari terbit.

Yang kesiangan jelas gak liat pemandangan ini langsung :p ©Kieran Squire

Setelah semua berkumpul di pintu utama, kami putuskan untuk bergerak dan memulai Hiking sekitar pukul 8 pagi. Perjalnan menuju camping ground cukup seru, kami habiskan dengan berbincang dan bercanda.

Pemandangan Jayagiri ini tak jauh berbeda dengan hutan yang lain, disekelilingnya dipenuhi pohon-pohon pinus. Hanya saja disana terdapat beberapa jalan setapak jadi disarankan untuk hiking dengan orang yang tau atau yang pernah sebelumnya biar gak nyasar.

Jalur yang kami lalui cukup menyegarkan!. Hingga beberapa orang diantara kami merindukan dataran dengan segera. Di beberapa kesempatan kami sempatkan untuk beristrahat dan berfoto, dan momen ini dimanfaatkan salah satu teman kami yang sangat hobi foto, foto selfie :D

Model of the day :D ©Kieran Squire

Berbincang di sela-sela istirahat ©Kieran Squire

Namun sayang banget, di beberapa lokasi sepanjang perjalanan hiking kami melihat sampah-sampah berserakan, udah pasti dong sampah-sampah yang umumnya plastik ini (berbagai jenis) ditinggalkan begitu saja oleh para pendaki yang tidak bertanggung jawab.

Sepintas saya selalu heran dengan pemikiran orang-orang seperti mereka, entah karena pendidikan atau pengetahuan yang kurang lantas mereka nyampah di alam.

"Jangan bunuh sesuatu kecuali waktu, jangan ambil sesuatu kecuali gambar, jangan tinggalkan sesuatu kecuali jejak!."





Kurang lebih 1 jam 30 menit kami akhirnya tiba di camping ground. Di sana ada beberapa kelompok yang sepertinya bermalam, ada juga yang lagi siap-siap turun dan ada juga yang baru tiba.

Kami pun segera mencari spot yang pas untuk istirahat. Bekal yang dibawa kami santap bersama, beberapa dibeli pas di minimarket dan beberapa lainnya memang dibekal dari tempat masing-masing.

Suasana hiking semakin seru dengan memainkan salah satu permainan tradisional, BEBENTENGAN!

Jangan Lupa Bahagia ©Saepul Hamdi


You Might Also Like

8 komentar

  1. Sangat amazing banget tempatnya. natural. dan bisa bikin otak fresh liatnya. apalagi kalau ksana langsung hhee

    sampahnya jadi pemandangan yang tak asing d mana2 hikss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia kak, cocok lah buat menghirup udara segar :D

      Hapus
    2. Assalamualaikum.wr.wb. perkenalkan nama saya Ibu Anita Tki Malaysia, saat menulis ini saya teringat memory masa lalu.saya sangat tergugah hati melihat coretan hati yang Ibu tulis. saya jadi teringat tentang masa-masa sulit dulu,karena iktiar dan usaha , seolah2 menjadi dendam bukan lagi motivasi, cuma satu tujuan saya pada saat bagaiman caranya untuk bangkit..singkat kata berbagai macam iktiar dan cara yang saya lalui, mengingat pada saat itu hutang saya 1,2m yang tidak sedikit, belum lagi bunga renternir yang bertambah. karena usaha, kesungguhan hati, akhirnya menemukan jalan /solusi . saya percaya ALLAH ITU TIDAK DIAM MAHA PENYAYANG , cobaan itu bukan lah ujian tapi hadiah yang tersilmut untuk kebahagiaan yang sebenar2nya. Sudah banyak para normal yg kami mintai angka togel dan uang gaib cuma Ki Witjaksno yg berhasil alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus. jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi Ki Witjaksno:0852_2223_1459. ingat kesempatan tidak akan datang untuk yang kedua kalinya KLIK->BOCORAN TOTO GAIB

      Hapus
  2. Seru banget, kak tempatnya. Kayaknya seger banget liat pemandangan yang ijo gitu. Asyik pasti bisa ngecamp bareng temen2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia kak, cobain aja nge camp murah dan gak terlalu jauh kok jarak dr pintu masuk ke camping ground nya :)

      Hapus
  3. saya belum pernah nih wisata kayak gini rame-rame. seru ya kayaknya. pengen banget keliling masuk hutan ke alam bebas, mendaki atau kemah... :( tapi gak ada temen yang suka mendaki, kebanyakan suka ke mall... padahal di bali tempat ku tinggal banyak temat wisata alam yang bagus buat dikunjungi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Wah ayo coba :)
      Asik kalo hiking sama temen2, bisa sambil becanda di jalan jadi lelahnya gak kerasa. apalagi di alam, berrr seger abis :D

      Hapus

Popular Posts