Berkunjung ke Planet of The Apes

09.57

Kawasan Hutan Mangrove Tarakan
Semacam De Javu tapi kenyataan. Yap, saat benar-benar tiba di Tarakan memori saya langsung berputar pada salah satu tayangan program TV Swasta yang saya tonton tentang Hutan Mangrove dan Bekantan.

Gak salah ketika pertama kali tiba di Bandara Juwata Tarakan, saya langsung bertanya tentang lokasi tersebut ke Mas Rahman, salah satu panitia lokal dalam kegiatan #SocMed4SocGood yang mamang tinggal dan asli orang Tarakan. 

Lokasi wisata Hutan Mangrove ini terletak presis di tengah-tengah kota, hari kedua usai kegiatan di SMAN 1 Tarakan, saya dan kedua rekan kerja pun langsung menuju tempat tinggal si hidung besar ini.

Biaya masuknya cukup murah, hanya membayar Rp.3000,- per orang di akhir pekan. Cesss!!! berasa masuk ruang  pendingin saat kami memasuki gerbang utamanya, secara Tarakan cuacanya sangat panas dan menyengat sekali hari itu.

Selain adem, Kawasan Hutan Mangrove ini juga asik buat jalan-jalan loh, gak usah khawatir kena becek karena terdapat jalur berupa jembatan kayu yang tersusun rapih mengelilingi seluruh hutannya bagi pengunjung yang datang.

Cuman ya emang harus hati-hati aja nih ya apalagi yang bawa anak kecil, kerena jalur jembatannya gak ada batas pengaman, dan dibeberapa titik ada beberapa jembatan yang mulai rusåk akibat jarang dilalui orang, alias Bekantan Only hehehe.

Memang gak di semua spot kita dapat dengan mudah menemui bekantan dan kawan-kawannya, kita harus jalan terlebih dulu ke bagian dalam hutan, itu pun harus secara perlahan karena bekantan-bekantan ini terkenal pemalu. Hayooo saiapa yang pemalu? samaan dong dengan.... :D
Groufie dulu sama tuan rumah :D

Kami pun mencoba berjalan masuk ke dalam hutan, dari kejauhan kami melihat sekelompok bekantan bergelantungan. Hmmm...jiwa petualang amatiran Saya pun langsung gak sabar pengen mendekat, walaupun sebenarnya takut juga sih, waktu itu langsung ngebayangin Film Rise of The Planet of The Apes kebanyakan nonton film hahaha!!!. Tapi akhirnya kami pun mendekat dan melihat teman-teman kami yang lama tak jumpa ini hahaha.
Memberanikan diri hehehe.
Keliatan gak? 

Sebagai informasi nih, ternyata gak cuman bekantan loh yang ada di Hutan Mangrove ini, beberapa jenis kera lainnya juga hidup di sini, bahkan spesies seperti elang, ular dan banyak spesies lainnya juga tinggal di sini.
Noh baca :D
Kadang-kadang buaya juga ada di sini loh. Hah kok buaya?. Tenang-tenang sepertinya pihak pengelola Hutan Mangrove sudah mengantisipasi hal ini. lokasi Hutan ini memang rawa-rawa, tak heran jalur bagi pengunjung berbentuk jembatan, karena kalau air sedang pasang maka seluruh kawasan hutan ini tergenang air. Konon, saat batas hutan ini tidak diberikan pengaman, sempat ada buaya masuk. Serem juga ya hihihi.

Harapannya sih Kawasan Hutan Mangrove ini lebih dilestarikan dan disosialisasikan, selain tempatnya yang murah dan adem, tempat ini bisa jadi lokasi wisata edukasi bagi masyarakat lokal maupun pendatang khsusnya mengenal tentang fauna yang asli Tarakan ini.







You Might Also Like

3 komentar

  1. Waw keren juga ini tempat. Btw, ini judulnya kaya film Mark Wahlberg ya haha.

    Salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum.wr.wb. perkenalkan nama saya Ibu Anita Tki Malaysia, saat menulis ini saya teringat memory masa lalu.saya sangat tergugah hati melihat coretan hati yang Ibu tulis. saya jadi teringat tentang masa-masa sulit dulu,karena iktiar dan usaha , seolah2 menjadi dendam bukan lagi motivasi, cuma satu tujuan saya pada saat bagaiman caranya untuk bangkit..singkat kata berbagai macam iktiar dan cara yang saya lalui, mengingat pada saat itu hutang saya 1,2m yang tidak sedikit, belum lagi bunga renternir yang bertambah. karena usaha, kesungguhan hati, akhirnya menemukan jalan /solusi . saya percaya ALLAH ITU TIDAK DIAM MAHA PENYAYANG , cobaan itu bukan lah ujian tapi hadiah yang tersilmut untuk kebahagiaan yang sebenar2nya. Sudah banyak para normal yg kami mintai angka togel dan uang gaib cuma Ki Witjaksno yg berhasil alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus. jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi Ki Witjaksno:0852_2223_1459. ingat kesempatan tidak akan datang untuk yang kedua kalinya KLIK->BOCORAN TOTO GAIB

      Hapus
  2. Hahaha ia emang penuh imajinasi banget pas nulis cerita ini, kalau tempatnya ya adem banget secara kalau di luar panas banget :D

    Salam kenal juga ya :)

    BalasHapus

Popular Posts