Lolos Ikut Program #IDWomen4Energy di NTT, Jadi Gini Ceritanya...

03.23


Sumber Foto: instagram.com/saepul.hamdi

Pergi ke Nusa Tenggara Timur gratis, ikut kegiatan yang bermanfaat, ketemu orang baru, dan bisa jalan-jalan di sana? Ah siapa yang gak mau kan ya Sob? :D

Sebagai orang yang sadar diri gak bisa berpergian keliling Indonesia dengan uang sendiri, saya paling demen ikutan kompetisi atau iseng-iseng berhadiah nyobain seleksi program volunteering yang fully funded alias sepenuhnya dibiayai atau gratis.


Seenggaknya bagi saya program seperti ini jadi kesempatan emas untuk bisa "menjelajah Indonesia", negara yang sangat luas dan beragam. Sebut saja dulu saat berpetualang ke Sumba pada tahun 2015, antara percaya dan enggak bisa terpilih jadi satu dari delapan orang Petualang "Ekspedisi Sumba", delapan orang Petualang itu dari dua negara lagi, empat orang dari belanda dan empat orang lainnya dari Indonesia, termasuk saya.

Sambil skripsian juga dulu sempat nyobain daftar dan lolos jadi salah satu peserta "Ekspedisi Nusantara Jaya" atau ENJ yang perdana ke beberpa daerah di Indonesia Timur dan berlayar di Kapal KRI 593, salah satu kapal perang milik TNI RI yang gede dan keren abisss...!!!

Tahun ini gak kalah seru, masih dikasih kesempatan lolos jadi salah satu dari tiga volunteer yang ikut program #IDWomen4Energy dari Kopernik Indonesia di NTT. Duh masih pegel-pegel nih baru pulang tanggal 15 kemarin hehehe.

Di tulisan ini saya mau sedikit sharing nih tentang rangkaian seleksi jadi relawan atau volunteer di #IDWomen4Energy, boleh kan ya?. Siapa tau taun depan ada lagi dan kamu bisa jadi salah satu pemenang nya, amin.


The Power of Social Media
 
Sumber Foto: google

Seperti yang udah kita tau bersama ya Sob, kalo media sosial saat ini udah gak bisa dianggap remeh atau sepele. Banyak cerita orang ngelamar pekerjaan bisa gagal atau sebaliknya, hanya karena isi atau konten di media sosial nya.


Nah termasuk kompetisi-kompetisi atau program volunteering yang menawarkan hadiah kece dengan menjelajah berbagai tempat di Indonesia, termasuk salah satunya #IDWomen4Energy menggunakan penilaian utamanya melalui konten di media sosial loh Sob.

Para penyelenggara program tersebut percaya bahwa media sosial memiliki kekuatan yang sangat besar sebagai alat penyebar informasi yang kekinian dan masif, sehingga sosial media banyak digunakan dalam posisi penting penilaian. Biasanya nih Sob media sosial yang digunakan dalam kompetisi yang pernah saya ikuti adalah Instagram, Facebook, Blog, dan yang paling jarang sih Twitter.

Bikin Video Tentang #IbuInspirasi

Sumber Foto: instagram.com/saepul.hamdi

Salah satu penilaian utama program #IDWomen4Energy kemarin adalah dari konten video durasi 1 menit di Instagram tentang Ide atau Gagasan yang ingin kamu bagikan selama ikut program mereka, termasuk pengalaman apa yang ingin kamu bagikan bagi ibi-ibu inspirasi di NTT.

Karena selain ikut kegiatan #IbuInspirasi, relawan terpilih juga harus berbagi atau sharing tentang pengalaman mereka. Ini video saat saya ikut daftar di #IDWomen4Energy. Cerita lengkap tentang pengalaman bersama #IbuInspirasi nanti saya bagikan di tulisan selanjutnya ya Sob :)

Setiap Orang Punya Cara Kreatif nya Sendiri

 Sumber Foto: google

Sob, kalo taun depan program ini ada lagi pastiin kamu udah punya konsep mau bikin video kayak gimana. Nonton video-video peserta lain di media sosial bisa jadi salah satu inspirasi atau masukan kamu nyusun ide loh, seenggaknya itu yang saya lakukan.

Ide kreatif bisa muncul dari mana saja, saya sendiri nonton video-video peserta tahun lalu dan beberapa inspirasi lain dari gudang video online Youtube dan itu bisa mengasah kreatifitas kita loh. Atau mungkin kamu punya cara sendiri untuk ngumpulin ide, gak usah malu atau gak pede sebelum kita mencobanya. Saya pribadi percaya setiap orang dilahirkan dengan kreatifitas nya masing-masing.

"Bikin videonya gimana?"

Tahun ini sih gak ada kewajiban peserta bikin video sendiri, saya dibantu seorang teman bernama Ari dalam pengerjaannya. Yang penting ide nya kamu yang create sendiri ya sob dan pastiin kamu juga terlibat dalam proses pembuatan nya :D

Posting Foto Tentang #IbuInspirasi

Sumber Foto:instagram.com/saepul.hamdi


Syarat ke-dua untuk ikut daftar program #IDWomen4Enery tahun ini adalah kita sebagai peserta harus posting 1 foto di Instagram tentang sosok #IbuInspirasi versi kita sendiri. Ini juga kamu dikasih kebebasan untuk menentukan siapa sosok nya.

Sama hal nya dengan video, saya sempetin minjem kamera salah satu teman bernama Gio demi hasil yang bagus hehehe, sosok #IbuInspirasi nya juga orang yang dekat dengan lingkungan saya. Saya juga percaya pasti kalian punya sosok #IbuInspirasi di sekitar kalian. Jadi gak susah kan? :)
Ini foto sosok #IbuInspirasi yang saya posting saat daftar #IDWomen4Energy.


Jangan Lupa Isi Formulir Online

Sumber Foto: google

Jika taun depan program ini ada lagi dan kamu udah menuhin syarat-syarat di media sosial jangan lupa isi formulira nya ya, isian formulirnya standar tentang informasi pribadi kita masing-masing kok seperti nama, email, nomor hp, dan akun media sosial kamu tentunya.

Wawancara Online

Sumber Foto: google

"Alhamdulilah masuk 10 besar" bersyukur sekaligus seneng banget bisa masuk 10 besar, dan tahapan selanjutnya kalo kita lolos di 10 besar akan dihubungi oleh Tim Kopernik dan ikut tahap wawancara online via skype.

Sempat deg-degan dan nyiapin bahan untuk wawancara nya karena dikira akan face to face, tapi ternyata wawancaranya cukup via suara atau telpon kok Sob.

Apa aja yang ditanyain?

Hmmm...apa ya? hehehe. Yang jelas apa yang kamu sampaikan di video berdurasi 1 menit di Instagram itulah yang ditanya. Nah ini jadi catatan supaya kita gak asal-asalan nanti kalo bikin video ya Sob, pastikan apa yang kamu bikin adalah apa yang memang beneran kamu ingin lakukan. Meskipun pada praktek nya saya ada perubahan rencana loh, penasaran apa? nanti aku ceritain juga di tulisan selanjutnya ya :D.

Lolos Seleksi dan Siap Berangkat ke NTT

Sumber Foto: instagram.com/saepul.hamdi

Nunggu sekitar 1 minggu lebih diumumin deh kayak poster di atas, dan siap-siap dapat jadwal, tiket, dan info lainnya dari Tim Kopernik. Asik kan? :D
Tapi keasikan nya ditahan dulu ya, nanti saya ceritain lagi di tulisan selanjutnya. Bocoran aja, gara-gara takut masuk Line Today saya bikin agenda diluar rencana loh Sob. Penasaran? pastiin kamu baca lagi tulisan selanjutnya ya Sob.

Yang udah mampir boleh dong tulis komentar nya atau sharing pengalaman saya ini di media sosial kamu. See You ya Sob !!! 

#BOYHAVETOGO
#IDWomen4Energy



You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts