Mr. Guan Coffee & Books, Tempat Ngopi Bergaya Klasik di Kota Bandung

10.38

Mr. Guan Coffee & Books

Hai Sob!

Udah lama nih saya gak nulis hehehe. Sekali nya nulis langsung mau ngasih tau tempat ngopi asik bernuansa klasik yang wajib banget jadi list baru untuk kamu datengin di Bandung. Mr. Guan Coffe & Books, tempat dimana kamu bisa menikmati kopi, buku, pingpong, dan makanan yang enak sambil ditemani suasana klasik.

Seenggak nya empat hal itu yang katanya disukai Mr.Guan, konon katanya Mr. Guan ini adalah tokoh pemilik rumah di Jl. Tampomas No.22, Gatot Subroto, Bandung tersebut, yang kini sudah disulap jadi tempat ngopi asik dan baru dibuka awal November 2017 kemarin.

"Malem mau ikut ke tempat A Sendy gak" tulis Rama di WA singkat. Rama dan A Sendy adalah dua rekan saya, kebetulan kami satu komunitas. A Sendy sendiri saat ini adalah salah satu Barista di Kediaman Mr. Guan, dia yang sebenernya sejak awal November ngajak ngopi-ngopi di Kediaman Mr.Guan.

Akhirnya terwujud sudah saya dateng ke Kediaman Mr.Guan, dan asiknya malam itu nambah satu personil, Zahra, yang juga sama-sama satu komunitas dan lama tak jumpa.

"Tempat ini bercerita, lebih dari sekedar tempat ngopi biasa. Pengunjung bisa merasakan sekaligus bernostalgia dengan hal-hal yang disukai Mr.Guan" A Sendy bercerita disela-sela saya dan Zahra menikmati kopi susu dan nasi goreng kencur hehehe.

Spaghetti: Rp.25.000,- / Nasi Goreng Kencur: Rp. 22.500,- / Kopi Susu (Ice): Rp. 25.000,- / Es Krim Kopi: Rp. 20.000,-
Karena kami saat itu tiba sekitar pukul 08.00 malam dan sedang sepi, sekilas saya malah sedikit ngerasa horor ketika pertama kali datang. Bahkan Zahra yang lebih dulu datang hanya berdiri di depan gerbang nungguin Saya dan Rama hahaha. Efek jadi penakut tapi hobi nonton film horor (rame-rame) hahaha.

Yuk order langsung di sini :)
Seperti yang diulas di awal kalo Mr.Guan Coffee & Books ini tempat nya klasik banget (kalo horor mah karena emang otak kita aja yang mikir nya horor wkwkwk). Tempat ini memang memiliki arsitektur bangunan lama, kalau kami menyebutnya rumah gaya arsitektur Belanda. Seperti pintu utama dan jendela-jendela yang memang dari kayu, lengkap dengan nuansa cat putih dan hijau pandan di bebrapa bagian, juga lantai kramik berukir senada. Enak beeeuuuddd kalau kata Kidz Zaman Now mah hahaha, dan yang pasti sangat Instagramable Sob!

Arsitektur Rumah Zaman Old
Saat masuk dari pintu utama, kita akan langsung disambut meja bar yang ditata rapi lengkap dengan berbagi peralatan kopi (saya gak tau namanya apa aja), beberap contoh jenis kopi yang disimpan di dalam toples transparan, dan tentu nya barista yang ramah muehehe. Oh ia, meja bar ini pun sekaligus jadi tempat pesen minum+makan dan kasir ya Sob. Jadi pesen + bayar diawal secara langsung.

Noh yang namanya A Sendy, jangan lupa disapa kalo ke Mr.Guan yak :D
Untuk menu nya sendiri langsung disediakn di Meja Bar. Kayaknya sama dengan tempat-tempat ngopi lainnya di Bandung kalau untuk sistem pemesanan ya Sob. Harga menu makanan berat, kopi, dan makanan ringan nya sendiri masih relatif terjangkau dengan rasa yang menurut saya enak sampe ludes tanpa sisa malah hahaha.

Menu per 19 Desember 2017
Setelah memantapkan hati mau pilih makanan atau kopi apa, pasti penasaran kan pengen duduk di mana sambil nantinya menikmati hidangan lezat ala Chef di Kediaman Mr. Guan? Jangan khawatir karena setidak nya ada tiga spot yang bisa kamu pilih Sob. Dan tentu nya setiap spot memiliki keunikan sendiri.

Ngopi sambil baca buku pilihan dengan nuansa klasik, yakin gak asik? :D
Spot pertama yang bisa kamu tempatin adalah ruangan sebelah kanan meja bar, sekaligus jadi ruangan terdekat setelah pesan makan dan minum. Ruangan ini terdiri dari satu meja bundar dan lima kursi klasik. Lengkap dengan koleksi buku-buku yang disimpan tepat di dua sisi rak buku di ruangan itu, ah cocok banget nih buat memperkaya wawasan dengan suasana yang gimana gitu hahahay.

Ruangan Tamu Yang Cukup Luas ya :D
Spot  kedua ada dibagian belakang ruang meja bar, kalu dilihat sih sebagi ruangan utama ya Sob. Di sini tersedia lebih banyak meja dan kursi jadi kamu bisa pilih mau nyelow di sebelah mana, di tengah? atau di dekat jendela supaya bisa foto ala-ala hehehe.


Yang unik lainya di ruangan ini kamu akan ditemani dengan alunan musik lasik dari alat musik piringan hitam Sob, saya sendiri sih gak ngerti bahasa dari musik nya tapi asik suer deh hehehe. Ada beberapa ornamen penghias juga, seperti lampu di pojokan dan lukisan yang menggambarkan tokoh Mr.Guan. Diantara ruangan bar dan ruangan kedua ini pun ada satu spot yang biasanya dijadikan tempat foto oleh pengunjung loh Sob, yaitu sebuah lorong pendek penghubung. Di ruangan pertama dan ruangan kedua ini no smoking area ya Sob.

Request diputerin lagi apa sama Ibu? #Eh hahaha

Lorong Kediaman Mr.Guan

Nah, spot ketiga yang bisa kamu pilih untuk berselow ria dan bernostalgia dengan berbagai cerita di kediaman Mr.Guan adalah bagian luar Sob. Nah ini baru bagian Smoking Area. Meskipun di luar, kesan otentik klasik dan old masih kental, karena langsung bersebelahan dengan jejeran jendela kayu dan dinding utama kediaman Mr.Guan bagian depan, lengkap dengan rindang nya beberapa pohon besar yang tumbuh, bikin adem deh pokonya.

Ngadem di luar juga asik apalagi kalau malam-malam gini
Selain sebagai tempat menikmati kopi dan makanan yang ada, kediaman Mr.Guan ini pun sangat terbuka sebagi tempat diskusi publik, bedah buku, nonton bareng, dan berbagai aktivitas seru lainnya Sob. Jadi buat kamu yang punya rencana bikin kegiatan asik tinggal dateng aja ke kediaman Mr.Guan ya, ngobrol sambil ngopi langsung deh bareng barista-barista nya hehehe. Dan kalau masih pengen kepo banget bisa intip di Instagram nya Mr. Guan Coffee & Books ya sob. 

Jangan lupa tulis komentar dan share cerita ini di media sosial kamu juga ya Sob, sampai ketemu ditulisan selanjtnya. 

#BOYHAVETOGO

You Might Also Like

2 komentar

  1. Sebenarnya mencari review makanan, enaknya makan apa di sini, tapi ya tulisan ini juga menghibur. Makasih ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, terimakasih ya sudah baca :)

      Hapus

Popular Posts