Ini Trik #BOYHAVETOGO Supaya Bisa Jalan-Jalan

07.16

#BOYHAVETOGO

          Sejak Kapan Nge-Blog?

Sejak 2014, dan gak niat punya blog pribadi apalagi tema nya khusus tentang travel blog atau sejenisnya. 2014 lagi aktif-aktif nya jadi mahasiswa, saat itu ada mata kuliah jurnalstik online yang salah satu tugas nya bikin blog pribadi dan wajib bikin tulisan didalamnya. Habis tugasnya berlalu, blog ini sempat terasingkan, gak diurus, banyak sarang laba-laba hahaha.

Ketika mukjizat mood bagus datang, pelan-pelan coba nulis pengalaman pribadi, nulis bertahap dan seingetnya tentang kisah perjalanan solo backpacker ke 5 negara Asia di tahun 2013. Gak nyangka, ada rasa ketagihan buat nulis story based on experience, apalgi kalau ada yang komentar di tulisan kita. "Oh ini toh kenikmatan sebuah tulisan" pkirku dangkal.  Meskipun gak sering nulis, tapi lumayan blog ini jadi tempat buat corat coret dan nyimpen berbagai pengalaman ketika mood-nya bagus tentunya ya hehehe.

       Sejak Kapan Suka Jalan-Jalan?
Gorontalo 

Sejak 2013, yap seperti disinggung sebelumnya, di 2013 saya pernah solo backpacker ke 5 negara di Asia. Seperti yang terdekat Singapura, Malaysia, Bangkok-Thailand, Cambodia, dan Ho chi Minh di Vietnam. Bukan tanpa alasan, saat itu saya terinpirasi dengan salah satu senior di Juanilistik yang sering keliling Asia.

Setelah ngobrol banyak tentang pengalaman dia saya pun nyoba-nyoba browsing dan baca-baca blog orang lain tentang backpacker ke negara-negara asia, join grup “backpacker” di berbagai media sosial dan ngepoin orang-orang yang emang hobi nya jalan. Saat itu senior saya ngenalin temen nya yang gak disangka di satu waktu ngasih informasi tiket murah meriah ke Singapur, hingga jadi deh dilanjutin  keliling ke negara teangga lainnya, dolan olangan alias sendirian.

3     Caranya Gimana?

Setelah pengalaman  jalan itu, ternyata menimbulkan efek ketagihan buat jalan lagi. Karena percaya deh, banyak banget hal tak terduga yang didapatkan, gak sekedar jalan dan eksplor tempat baru tapi pengalaman lain yang lebih bernilai tak terhingga. Cuman kan kalau pengen jalan-jalan butuh dana atau biaya, ia gak sih?

Tapi...beberapa cara dibawah ini lumayan bisa meminimalisir pengeluaran bahkan mungkin kamu juga bisa jalan-jalan gratis:

a.     Ikut Seleksi Kegiatan yang Hadiahnya Jalan-Jalan:


ENJ KRI 593 BAC
Berbagai cara saya tempuh saat itu demi bisa explore ke berbagai tempat, gak mikirin dalam atau luar negeri saat itu, yang penting bisa pergi ke tempat baru, ketemu teman baru, nyobain makanan baru, dan segudang hal baru lainnya. Seperti misalkan saya pernah ikut seleksi Ekspedisi Nusantara Jaya 2015 dan bisa berlayar pake kapal KRI 593 ke berbagai Provinsi di Indonesia seperti ke Makassar, Sorong, Saumlaki, dan Kupang.

Sumba
Gak cuman itu, saya juga meberanikan diri ikut seleksi Ekspedisi Sumba sehingga terpilih jadi 8 petualang (4 Petualang dari Belanda dan 4 dari Indonesia) yang diberangkatkan ke Sumba secara cuma-cuma, dan kegiatan-kegiatan lainnya yang menawarkan reward jalan-jalan atau bahkan emang main activitiy nya adalah kegiatn "perjalanan".

b.      Backpackeran :


Ini cara ke-dua selain memanfaatkan berbagai kompetisi untuk ngebolang. Bagi saya istilah “backpackeran” itu berbeda dengan sekedar perjalanan wisata biasa, berbagai hal banyak dipersiapkan dengan matang dan budget yang gak mahal-mahal banget, jadwal yang direncanakan dengan matang, hunting tiket murah meskipun resikonya perjalanan lebih lama, bikin itinerary, nentuin tempat tinggal, perencanaan biaya tak terduga, dan banyak lagi hal lainnya yang dipersiapkan dengan teliti, supaya gak bocor biaya banget. Selain itu yang saya pahami istilah "Backpackeran" yang dimaksud adalah perjalanan kita gak melulu bergantung dengan banyak nya duit, berani ngambil sesuatu atau cara berbeda dalam perjalanan dan hal-hal menantang lainnya.

Bali
Misalkan saya pernah ke Bali menggunakan jalur darat dan laut dari Bandung, kalo gak salah waktu itu cuman ngabisin Rp.160.000 an dong buat ongkos udah sampe di Pulau Dewata. Cara ini bisa dipilih buat kamu yang emang suka banget petualangan, gk biasa dari yang biasanya. Tapi tenang aja, cara ini sepadan dengan segudang pengalaman perjalanan yang gak terbayangkan oleh kamu sebelumnya, wajib coba!.

c.       Aktif Berkomunitas dan Kegiatan Nasional:

Kumbang 2018
Saya adalah pribadi yang aktif berkegiatan komunitas, saya sangat suka hal-hal yang berkaitan dengan masyarakat. Ya dengan kata lain masyatakat itu sangat erat kaitannya hampir dengan segala aspek, seperti ekonomi, pendidikan, lingkungan, dan sebagainya. Makanya saya banyak ikut kegiatan karena objek ketertarikan saya adalah pada masyarakat nya.

Sorong, Papua
Dari masa kuliah hingga sekarang pun masih aktif berkegiatan. Gak cuman bisa belajar banyak hal, nambah jejaring dan pengalaman, juga sering kali mendatangkan kesempatan untuk mewakili komunitas yang saya ikuti ke beberapa daerah di Indonesia. Seperti misalkan dulu pernah ke Malino, Bogor, Banten, dan kota lainnya. Nah, ini bisa banget jadi peluang buat kalian yang aktif.

d.      Pekerjaan:

Belitung
Ini poin yang semua orang mungkin gak punya kesempatan yang sama. Sejak 2016, alhamdulilah diberikan tempat berkarya yang memungkinkan saya bisa berpergian dengan gratis bahkan dibiayai untuk dapat mengunjungi berbagai lokasi di Indonesia, dari Indonesia paling Barat hingga di bagian Timur. Ini kado banget yang bikin saya terus semangat berkarya di tempat saya bekerja saat ini.


Saya bekerja sebagai Media Manager di salah satu NGO atau Non-Government Organization yang fokus pada bidang persampahan dan lingkungan dan berkantor di Bandung. Dari 2016 saya dipercaya untuk membantu memegang sebuah project tentang sosialisasi social media untuk kebaikan bertajuk #SocMed4SocGood di beberapa daerah di luar Pulau Jawa. Aktif juga di beberpa project lain sehingga sering kali terlibat dan ikut diberangkatkan ke beberapa daerah lainnya.

e.      Nabung dan Pinter-Pinter Atur Waktu:

Maumere
Well, generasi muda itu wajib banget nabung, mau suka jalan-jalan atau enggak. Kalo yang punya keinginan tinggi buat terus ngebolang kayaknya sih nabung wajib banget jadi proritas. Saya tipe orang yang boros, tapi selalu menyisihkan sebagian rupiah untuk disimpan, salah satunya ya bisa digunakn untuk biaya jalan-jalan di kemudian hari tentu nya.

Ada banyak strategi nabung yang bisa kita lakukan, mulai dari nabung konvensonal di Bank, nyimpen rutin di celengan pribadi, atau cara lainnya yang bisa kamu tentukan sendiri, pilih sesuai keinginan dan budget kita tentunya. 

Sedangkan untuk jadwal, selain memanfaatkan extend atau perpanjangan hari saat bekerja di luar kota, biasanya saya memanfaatkan waktu libur dan jatah cuti untuk merencanakan agenda bolang. Pinter-pinter juga cek kalender liburan Nasional ya hehehe.

f.        Manfaatkan Media Sosial Lainnya:

Pulau Lampu
Urusan tempat tinggal selama kita ngebolang jadi salah satu PR banget apalagi kalu mau hemat budget . Selain itu kalau nginap di hotel atau penginapan bagi saya sih rasanya kurang seru kalo emang lagi beneran agenda bolang atau backpackeran ya, gak dapet pengalaman lebih aja gitu rasanya. Tapi, kalo dapet promo atau ada penginapan yang murah meriah juga kenapa enggak. 

Nah, selain ngandelin situs-stitus penyedia informasi penyewaan hotel atau penginapan murah, saya biasanya memanfaatkan media sosial untuk mencari teman bahkan keluarga baru sekaligus tempat menginap.

Salah satu media yang dapat kamu manfaatkan adalah couchsurfing.org, saya aktif menggunakan jejaring sosial ini sejak 2013. Di beberapa Negara saya ketemu temen-temen baru bahkan ngasih tempat berteduh secara cuma-cuma. Gak cuman nginep nya yang gratis, tapi dapet teman hingga keluarga baru juga yang memberikan segudang pengalaman yang luar biasa. Cobain aja.

Nah, segitu dulu ya sob cerita kenapa saya bisa jalan-jalan.
See ya, di cerita selanjutnya :)

#BOYHAVEOGO




You Might Also Like

1 komentar

  1. Ka kenapa engga buat vlog sih ka? Kan suka jalan jalan nih sayang tuh kalau cuma di dokumentasiin lewat foto hehe.
    Keterbatasan gear gamasalah ko ka kalau pake hp juga
    Ini saran aku doang ya..

    Terus berkarya ka kerenn !!!!!

    BalasHapus

Popular Posts