Dari Bandung ke Dieng Pake Transportasi Umum, Gini Caranya

08.10


Hai Sob, apa kabar? semoga bahagia selalu yak.
Selamat tahun baru 2020 (masih momen nya kan? hahaha), semoga makin berjaya dengan berjuta resolusi-resolusinya. Amin!

Oke, jadi menjelang pergantian tahun 2019 kemarin, saya merealisasikan salah satu wish list yang udah tiga kali tertunda. Yap, visit ke Dieng, Wonosobo. Yang bikin gokil dan spesial sih akhirnya kemrin jadi solo trip. Nah, berikut ini cerita pengalaman saya Sob.
Setelah mengunggah beberapa foto dan video di feed juga story Instagram, banyak respon positif dari temen-temen yang juga minta bocoran atau sharing tentang pengalaman perjalanan menuju Dieng dan ngapain aja selama di sana. Oke langsung aja yak kalo gitu :)

1. Transportasi Menuju Dieng

Isi nya buat ber-7
Sebelumya mau kasih info kalo perjalanan solo trip ke Dieng kemarin saya berangkat dari Bandung ya sob. Nah, untuk menuju ke Dieng dari Bandung relatif gampang banget. Ada dua alternatif yang bisa dipilih bagi kamu para pengguna transportasi umum. 

Pertama, kamu bisa mengguanakan agen perjalanan atau Travel. Nah, kemarin saya cobain pake metode ini. Jasa travel yang bisa kamu booking namanya Daltrans yang beralamat di Jl. Dr. Djunjunan No.124 Pajajaran (Pasteur) dengan jurusan Bandung-Wonosobo. Untuk pesan Travel Daltrans, kamu bisa manfaatkan situs-situs online seperti traveloka, RedBus, Sejalan dan lain sebagainya, tergantung kamu suka pake yang mana. 

Atau kamu juga bisa buka website nya langsung di sini atau kontak via WhattsApp di nomor: 0812 2002 3869. Harganya sendiri Daltrans mematok Rp.180.000, tapi tenang kamu bisa dapat harga yang lebih murah dari itu.


Pilihan transportasi kedua kamu bisa menggunakan Bus. Kalau dari Bandung, jurusan ke Wonosobo bisa kamu akses di Terminal Cicaheum. Bedanya kamu gak bisa pesan online melalui berabagai platform online yang disebutkan di atas, alias harus langsung beli on the spot

Perjlanannya sendiri Cukup lah buat kamu tidur selama di perjalanan, bisa ditempuh sekitar 9-10 jam perjalanan dengan durasi 3 kali istirahat (1 diantaranya istirahat selama 30 menit).

Tips & Trick 



Salah satu trik kalo mau nge-trip yang saya lakukan biar hemat budget ongkos salah satunya adalah cek harga di beberapa platform penjualan online tadi, kemudain bandingkan harganya. Rajin juga cek promo-promo yang mereka punya, supaya makin super hematnya.

Contoh nyata nih, kemarin saya melakukan hal yang sama, saya pesan Travel Daltrans via aplikasi RedBus, dan jreng!!! mereka lagi ada promo bagi pengguna baru potongan harga sampe Rp.80.000,- . Otomatis dong saya pesan dan dapet harga travel ke Wonosobo cuman Rp.100.00,- saja.

Nah kalo Bus harganya sendiri lebih murah, untuk Bus Sinar jaya kamu cukup merogoh uang sebesar Rp.70.000,- saja sekali perjalanan. Nah, ini saya lakukan ketika perjalanan balik dari Wonosobo ke Bandung. Cocok banget buat kamu yang pengen super hemat budget. 

Dari Wonosobo Pake Mikro Bus ke Dieng


Pokonya jenis mobil ini, warna nya bisa macem-macem
Nah, setelah tiba di Wonosobo kamu masih harus melanjutkan perjalanan ke pusat Dieng nya. Kendaraan yang bisa digunakan yaitu Mikro Bus atau bisa disebut Elf. Kamu bisa naik transportasi ini di Terminal Mendolo (Wonosobo), atau bisa di daerah Pakem. Kayak naik angkot, kamu bisa berhentiin mikro bus nya dan naik, gak perlu ngetem di terminal. 

Biaya nya sendiri cukup Rp.20.000,- saja dengan durasi perjalanan kurang lebih 45 sampai 1 jam. Tergantung kondisi jalan nya padata atau enggak. Kondisi jalannya sendiri bagus dan disuguhkan dengan pemandangan sekiling yang berbukit dan asri. 

Kalau beruntung dan mikro bus nya sepi asik banget bisa menikmati perjalanan, tapi kalau kondisi mikro bus nya penuh ya siap-siap aja berdiri sampai kamu tiba di tujuan utama, DIENG!

Pemandangan nya bikin gak mau bobo di Mikro Bus

Dibagi-bagi

Nah sob, supaya kontennya efektif dan gak numpuk di satu halaman. Untuk rekomendasi hostel serta lokasi yang saya berhasil eksplor selama di Dieng ditulis terpisah ya. Tenang aja, kalian bisa langsung akses link tulisannya lengpanya di bawah ini:
  1. Tani Jiwo, Hostel terhangat yang saya pilih selama di Dieng
  2. 8 Tempat Wisata di Dieng yang Wajib Kamu Eksplor!




You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts